Cara Membuat Iklan Di Facebook Ads

Spread the love

Salah satu platform sosial media yang banyak digunakan adalah Facebook dengan jumlah pengguna sekitar 2,3 miliar. Melihat hal ini tentu saja Facebook menjadi sebuah peluang emas bagi kalian para pelaku usaha.

Promosikan usaha di sana dengan menggunakan jasa digital marketing agency ataupun dengan bantuan Facebook Ads yang saat ini sudah sangat umum digunakan.

Penjelasan & Keuntungan Menggunakan Facebook Ads

Bagi yang belum paham, Facebook Ads adalah sebuah fitur untuk beriklan yang dimiliki oleh Facebook dan tentu saja jangkauannya yaitu pengguna Facebook. Beberapa keuntungan yang bisa kalian rasakan ketika menggunakan Facebook Ads sebagai berikut:

  • Budget Bisa Disesuaikan

Salah satu faktor penting dalam usaha adalah budget, tentunya kalian bisa mengatur budget yang paling sesuai dengan iklan kalian saat menggunakan Facebook Ads. Perlu diketahui bahwa layanan ini serta iklan digital lain tentunya lebih murah bila dibandingkan iklan konvensional.

  • Penargetan Lebih Efektif

Iklan yang sudah kalian buat di Facebook bisa kalian sesuaikan dengan target pasar yang diinginkan. Penyesuaian tadi mulai dari jenis kelamin, usia, ketertarikan, lokasi dan masih banyak lainnya. Tentu saja hal semacam itu bisa membuat iklan menjadi lebih efektif.

  • Jangkauan Luas

Pengguna Facebook di Indonesia sudah mencapai lebih dari 150 juta. Jumlah yang banyak itu sangat menguntungkan terutama saat kalian ingin mengembangkan usaha, iklan secara digital mampu menjangkau seluruh lokasi bahkan juga seluruh dunia.

  • Analisa Lanjutan

Menggunakan Facebook Ads kalian bisa melakukan Analisa lanjutan karena data yang dimiliki. Data tersebut meliputi jangkauan, impresi, conversion rate, CTR dan lain sebagainya. Bahkan kalian juga bisa melakukan pengukuran keberhasilan dari iklan yang dikampanyekan.

  • Mampu Meningkatkan Brand Awareness

Para pengguna Facebook biasanya akan beberapa kali memeriksa news feed dalam sehari. Ini merupakan sebuah peluang pasar yang besar karena penonton tadi akan beberapa kalian menerima paparan iklan yang sudah kalian tampilkan.

Bisa jadi penonton yang awalnya tidak tertarik dengan iklan kalian, karena iklan tadi selalu tayang sehingga lama-lama menjadi tertarik.

Cara Mudah Membuat Iklan Pada Facebook

Setelah mengetahui manfaat dari Facebook Ads maka kalian bisa langsung membuatnya. Namun jika kalian tidak ingin ribet bisa menggunakan jasa digital marketing agency, namun bagi kalian yang ingin membuatnya sendiri berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Membuat Halaman Facebook

Cara pertama kalian masuk atau login ke akun Facebook dan pilih menu halaman lalu buat halaman baru. Pilih saja jenis halaman yang tentunya paling sesuai dengan usaha yang dijalankan.

Jangan lupa untuk melengkapi seluruh informasi yang dibutuhkan. Jika kalian sudah membuat halaman tadi maka kalian bisa ke langkah selanjutnya yaitu pembuatan Facebook Ads.

  1. Masuk Ke Facebook Ads Manager

Langkah selanjutnya yaitu pembuatan iklan caranya masuk ke Facebook Ads Manager dan login menggunakan akun Facebook yang nantinya berguna untuk mengelola iklan.

  1. Buat Serta Tentukan Kampanye Iklan

Sebenarnya ada 3 alur dasar yang berguna untuk mempraktikkan bagaimana cara pembuatan iklan pada Facebook dan bisa dimulai dari campaign, ad set serta ad.

  • Campaign (kampanye): kampanye dilakukan dengan tujuan yang spesifik. Contohnya yaitu kalian bisa menentukan lalu lintas kunjungan yang nantinya berguna agar para penonton mengunjungi website kalian. Setiap campaign nantinya akan memuat sampai beberapa ad sets.
  • Ad Set (Set Iklan): terdiri dari satu sampai beberapa penonton yang menjadi tujuan. Contohnya Ad set 1 memuat orang yang berada di Semarang. Ad set 2 untuk orang yang berada di Lombok.
  • Ad (Iklan): biasanya bisa berisi gambar, teks maupun tautan.

Kampanye/Campaign

Untuk membuat kampanye caranya masuk ke tab “Kampanye” dan klik “Buat”. Nantinya kalian bisa menentukan tujuan dari iklan yang kalian buat. Untuk tujuan iklan di dalam Facebook ada 3 kategori yang berbeda.

  • Kesadaran/Awareness

Meliputi dua hal yaitu kesadaran merek dan jangkauan (reach). Kesadaran merk memiliki tujuan agar brand awareness kalian meningkat dan lebih mudah dijangkau oleh konsumen yang tertarik dengan produk kalian.

Sedangkan untuk jangkauan (reach) biasanya akan menampilkan iklan sebanyak-banyaknya kepada target yang sudah ditentukan sebelumnya.

  • Pertimbangan/Consideration

Berikutnya yaitu pertimbangan atau consideration dan di dalamnya meliputi lalu lintas kunjungan, interaksi, pemasangan aplikasi, penayangan video, pembuatan prospek dan pesan.

  • Konversi/Conversion

Konversi memiliki tujuan agar mampu menghasilkan penjualan pada website kalian. Tentunya untuk melakukan hal tersebut diperlukan Facebook Pixel. Tidak hanya itu saja pada bagian ini kalian bisa melihat bagian penjualan katalog dan kunjungan toko.

Penjelasan di atas terkait dengan tujuan dari masing-masing kampanye iklan. Tentunya kalian harus memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Ad Set/Set Iklan

Ad Set/Set iklan terdapat beberapa poin-poin yang bisa kalian baca dan kemudian pahami sehingga menjadi lebih paham nantinya.

  • Anggaran dan Jadwal

Nantinya kalian bisa menentukan jumlah anggaran. Anggaran bisa dipilih dalam jangka waktu harian ataupun sepanjang masa promosi. Jangan lupa untuk menentukan tanggal mulai serta berakhirnya.

  • Pemirsa/Audience

Kalian bisa menentukan target penonton berdasarkan pada usia, lokasi, jenis kelamin dan lainnya. Menariknya lagi kalian bisa melakukan penargetan dengan lebih terperinci semacam ketertarikan, demografi, behavior di media sosial.

  • Pemirsa Khusus

Gunakan layanan ini agar kalian bisa lebih mudah dalam menjangkau siapa saja konsumen yang sudah berinteraksi dengan usaha kalian. Sebagai contoh orang yang pernah datang ke website kalian.

Strategi semacam ini dikenal juga dengan strategi remarketing yang mana kalian bisa melakukan penargetan kepada penonton yang sudah tertarik dengan usaha kalian dan memiliki peluang terhadap nilai konversi yang jauh lebih tinggi.

Ads/Iklan

Nantinya kalian hanya perlu mengisikan nama iklan serta identitas Facebook serta akun Instagram. Untuk membuat iklan langkah pertama pilih format iklan yang diinginkan dan bentuknya baik video ataupun gambar.

Gambar yang kurang baik terlebih dengan banyak teks di dalamnya bisa membuat penurunan pada penayangannya bahkan tidak akan ditampilkan. Pastikan terlebih dahulu untuk memeriksa gambar apa yang akan digunakan.

Jangan lupa juga untuk membuat destinasi tujuan bisa semacam Facebook Event ataupun website dan jangan lupa pilih Call-to-Action (CTA) yang paling sesuai tentunya. Beberapa contoh CTA tadi seperti “Beli sekarang” dan lain sebagainya. Jika sudah selesai maka iklan siap diterbitkan.

Untuk membuat iklan ini sebenarnya caranya cukup mudah, namun kalian tetap bisa menggunakan bantuan dari digital marketing agency untuk membuat iklan dengan lebih mudah dan cepat tentunya.

  1. Pembayaran Iklan

Sebagai langkah paling terakhir pada saat pembuatan iklan di Facebook adalah proses pembayaran. Nantinya kalian bisa menggunakan kartu debit maupun kredit. Nantinya akan muncul beberapa langkah-langkahnya, cukup ikuti sampai prosesnya selesai saja.

Jadi pada kesimpulannya membuat iklan di Facebook tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Agar iklan yang menggunakan bantuan Facebook Ads lebih maksimal perlu didukung dengan website yang memiliki cloud hosting cepat, aman dan tentunya selalu bisa diandalkan.

Bagi kalian yang masih awam mengenai website semacam itu bisa menghubungi digital marketing agency untuk membantu mengurus semua kebutuhannya. Jangan lupa gunakan jasa yang professional agar iklan kalian tidak mengecewakan dan mampu menjangkau semua target pasar yang sudah ditentukan.