Cara Mudah Mengaktifkan TikTok Shop

Spread the love

Untuk kalian yang aktif bermain sosial tentu sudah tidak asing dengan platform berbagi video TikTok. Aplikasi ini sudah sangat terkenal bahkan jumlah penggunanya sudah sangat banyak mencapai 1 miliar pengguna.

Tidak berguna sebagai tempat berbagi video saja, namun ada fitur lain dari aplikasi ini yang bernama TikTok Shop yang sangat berguna bagi kalian para pengguna untuk berbelanja di sana.

Apa Itu TikTok Shop?

TikTok Shop merupakan sebuah fitur yang diperuntukkan untuk membantu para penggunanya untuk menjual ataupun membeli produk dari TikTok. Sehingga para pelanggan tidak perlu repot membuka marketplace lain untuk melakukan transaksi.

Cara Membuat & Aktivasi TikTok Shop

Untuk kalian yang ingin meningkatkan omset penjualan maka membuat akun TikTok Shop merupakan salah satu cara yang tepat. Untuk cara membuat akun serta cara aktivasinya kalian bisa menyimak informasi lengkapnya di bawah ini.

  1. Masuk Ke TikTok Shop Seller

Langkah paling awal tentu saja buka situs TikTok Shop Seller Center pada perangkat kalian. Selanjutnya daftarkan akun sebagai seller, untuk pendaftaran kalian bisa menggunakan akun pribadi ataupun membuat akun baru untuk TikTok seller.

  1. Login atau Daftar TikTok Shop

Cara selanjutnya agar akun TikTok Shop aktif kalian hanya perlu mendaftar akun seller. Untuk kalian yang belum pernah melakukan pendaftaran sebagai seller, tentunya kalian bisa mendaftar menggunakan akun TikTok dengan cara klik pilihan “Sign up with TikTok account”.

Akan tetapi bagi kalian yang sudah mendaftar menjadi seorang seller tinggal login saja. Untuk kalian yang belum mempunyai akun TikTok sama sekali bisa melakukan pendaftaran menggunakan nomor handphone ataupun email dengan mengklik “Sign up with phone & email”.

  1. Lengkapi Informasi Soal Toko

Jika kalian sudah berhasil login atau masuk dan mendaftar ke akun seller maka langkah selanjutnya lengkapi informasi toko kalian. Melengkapi data sangat penting untuk dilakukan sebelum nantinya menambahkan produk.

Isikan informasi seperti lokasi toko serta nomor telepon yang bisa dihubungi. Jika data sudah lengkap terisi maka lakukan klik “Start to add product”.

  1. Verifikasi Akun

Agar produkmu bisa terjual di TikTok Shop maka kalian diharuskan melakukan verifikasi dokumen. Caranya kalian hanya perlu klik “Verify document” yang ada pada homepage dan klik “Upload documents”.

Data yang dibutuhkan bagi seorang penjual harus kalian isikan. Beberapa bagian tersebut seperti jenis usaha apakah itu korporat maupun perorangan. Jika bentuk usaha perorangan maka kalian lakukan verifikasi data pribadi semacam KTP maupun passport.

Jika kalian diharuskan mengupload foto KTP pastikan formatnya .jpg, .jpeg, .pdf ataupun .png. pastikan jika foto KTP tadi terlihat jelas dan ukurannya tidak lebih dari 10 MB.

Informasi yang kalian input tidak akan bisa diubah, maka pastikan data terisi dengan benar. Jika sudah benar maka klik “Submit”. Jika proses verifikasi sudah selesai maka kalian bisa menggunakan akun TikTok Shop untuk mulai berjualan.

  1. Menambahkan Produk

Langkah selanjutnya dalam pembuatan akun TikTok Shop yaitu tambahkan beberapa produk ke toko. Namun sebelumnya tentu saja toko harus sudah terverifikasi, penambahan produk dengan cara masuk ke homepage lalu klik “Add first product” kemudian “Add product”.

Pada saat akan mengupload produk ke dalam akun TikTok Shop, pastikan jika deskripsi produknya sudah lengkap. Isi bagian kategori, nama produk dan juga pilih brand atau tambahkan saja brand baru.

Untuk kalian yang ingin menambahkan brand baru, pastikan untuk mengupload dokumen kepemilikan ataupun hak penjualan. Namun jika kalian tidak punya dokumen tersebut ada baiknya pilih saja “No brand”.

Jika sudah maka kalian hanya perlu mengupload foto produk beserta deskripsinya, agar nantinya para pelanggan menjadi lebih mudah ketika akan berbelanja. Maksimal foto yang bisa kalian upload sebanyak 9 foto, agar gambar lebih jelas gunakan rasio 1:1.

Lalu scroll ke bagian bawah dan isi formulir tentang detail variasi produk. Untuk kalian yang menjual produk dengan beragam warna, variasi, rasa, ukuran dan lainnya isikan pada bagian variation.

Tidak hanya itu saja, namun kalian juga diharuskan mengisi informasi fisik semacam berat serta dimensinya (opsional). Hal ini sangat berguna terutama dalam hal penentuan biaya untuk ongkos kirim yang telah didukung TikTok Shop.

Tidak hanya informasi seputar fisik produk namun juga masukan informasi seputar garansi produk serta cara klaimnya (jika tersedia). Hal semacam ini sifatnya opsional sehingga kalian bisa mengabaikannya saja.

Jika pengisian data produk sudah lengkap maka kalian bisa menyimpannya sebagai draft maupun langsung dipublikasikan. Jika kalian ingin langsung menerbitkannya maka klik saja pilihan “Publish”.

  1. Menautkan Rekening Bank

Hal paling penting selanjutnya yaitu kalian jangan lupa menghubungkan akun TikTok Shop dengan rekening bank yang digunakan. Tujuannya tentu saja agar penghasilan akan lebih mudah dialokasikan langsung ke rekening.

Kalian cukup masuk ke homepage dan pilih “Link bank account” dan klik “Link account”. Ikuti langkah-langkahnya sehingga nantinya kalian berhasil menautkan rekening bank dengan TikTok Shop.