Mengenal Lebih Jauh Soal Marketing Mix

Spread the love

Seiring dengan perkembangan zaman banyak ilmu pengetahuan yang mengalami perubahan. Terlebih lagi dalam bidang ekonomi dan sosial akan lebih fleksibel dalam mengikuti perkembangan zaman. Salah satu ilmu dalam bidang ekonomi tadi adalah marketing mix.

Apa Itu Marketing Mix?

Bagi kalian yang tidak mengambil jurusan ekonomi pada saat duduk di bangku perkuliahan akan sedikit asing dengan istilah tersebut. Marketing mix sebenarnya merupakan strategi pemasaran yang dilakukan secara terpadu atau strategi yang dalam pelaksanaannya dilakukan bersamaan.

Kegunaan Marketing Mix

Marketing mix sudah dijelaskan di atas termasuk dalam strategi pemasaran. Strategi semacam ini tentunya sangat dibutuhkan oleh perusahaan.

Saat menjalankan suatu usaha dan kalian tidak peka terhadap kebutuhan konsumen tentu saja kesempatan untuk mendapatkan konsumen lebih banyak bisa terbuang sia-sia.

Walaupun produk yang kalian keluarkan bagus dan seinovatif apapun namun jika tidak bisa menerapkan strategi yang tepat akan sepi peminat. Jadi dengan kata lain manfaat marketing mix membantu perusahaan berkembang dengan menarik banyak konsumen.

Teknik 4P – 7P Dalam Marketing Mix

Berbicara mengenai marketing mix kalian akan mengenal istilah 4P-7P. Untuk lebih jelasnya mari membahas mengenai 4P (Product, Price, Promotion serta Place) terlebih dahulu.

  1. Product (Produk)

Produk ini bisa berbentuk apapun, jadi intinya produk merupakan berbagai macam bentuk penawaran yang dilakukan pada customer ataupun klien yang tentunya sesuai dengan kebutuhan dari konsumen itu sendiri.

Produk maupun jasa yang kalian buat harus bisa memiliki keunikan serta kualitas tersendiri yang bisa meningkatkan daya saing dari jasa ataupun produk di pasaran. Jika kualitasnya bagus tentu saja memiliki pengaruh yang besar kepada para konsumen untuk membelinya.

  1. Price (Harga)

Harga ini adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen demi mendapatkan produk ataupun jasa yang kalian tawarkan.

Fokus dari hal ini yaitu kalian harus mampu membuat para konsumen atau calon pembeli potensial merasa apa yang dikeluarkan akan sesuai dengan barang atau jasa yang diperoleh, istilahnya yaitu “Worth it”.

Sebelum mematok harga pada sebuah produk maupun jasa yang akan ditawarkan kepada para pelanggan, berikut adalah pertimbangannya:

  • Biaya produksi
  • Mempertimbangkan nilai produk kalian yang akan dihargai oleh konsumen.
  • Mempertimbangkan apakah pengurangan harga bisa berdampak pada minat konsumen untuk membeli produk tersebut.
  • Pertimbangkan apakah kompetitor bisa menjangkau produk tersebut dalam artian jangan sampai kompetitor menjual produk serupa dengan harga yang jauh lebih murah.

 

  1. Saluran Distribusi (Place)

Saluran distribusi berperan sebagai penentu berhasil tidaknya sebuah strategi marketing, jadi poin ini menempati posisi yang krusial.

Untuk pengertian dari saluran distribusi yaitu sebuah upaya atau kegiatan oleh perusahaan yang dibuat untuk produk dan jasanya agar tersedia atau mudah diperoleh para konsumennya.

  1. Promotion (Promosi)

Promosi dalam strategi ini adalah upaya persuasi (dorongan atau bujukan) agar nantinya konsumen maupun calon konsumen mau membeli ataupun menggunakan jasa ataupun produk yang perusahaan kalian hasilkan.

Terdapat beberapa elemen perusahaan yang bisa dioptimalkan terkait dengan promosi. Berikut merupakan beberapa elemen tersebut:

  • Salesperson
  • Public Relation
  • Periklanan

Sedangkan elemen dari luar perusahaan berupa kebiasaan konsumen serta pola konsumsi yang dipengaruhi sisi rasional ataupun emosional konsumen sebagai manusia.

Setelah mengetahui apa itu 4P maka lanjutannya yang akan dibahas yaitu 7P. Beberapa poin-poin teknik lanjutan itu bisa kalian simak dari informasi berikut ini.

  1. People (SDM)

Faktor sumber daya manusia (SDM) sangat berpengaruh terhadap maju tidaknya perusahaan. Berdasarkan hal tersebut tentunya banyak perusahaan yang saling berlomba-lomba mendapatkan kandidat karyawan terbaik.

Budaya kerja yang cenderung santai dan menarik biasanya dijadikan sebuah nilai lebih perusahaan sebagai salah satu cara membuat pekerjaannya loyal serta maksimal dalam bekerja. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat karyawan loyal dan maksimal dalam bekerja:

  • Perusahaan menyediakan sarana serta pemimpin tim yang mampu mengembangkan atau meningkatkan kemampuan dari para karyawannya.
  • Perusahaan berlaku adil kepada karyawan.
  • Hak karyawan dihargai.
  • Perusahaan memberikan apresiasi untuk karyawannya.
  1. Process (Proses)

Proses ini mengandung artian urutan pelaksanaan atau kejadian yang tentunya saling terkait dan bersama-sama mampu mengubah masukan menjadi suatu keluaran. Saat melakukan proses untuk pengembangan bisnis ada satu elemen penting yaitu pembuatan SOP.

Usahakan untuk mengkomunikasikannya kepada para karyawan. Tujuannya agar para karyawan mampu menjalankan SOP tersebut tanpa kendala. Jika tidak dikomunikasikan dengan baik bisa jadi ada kendala dari pihak karyawan yang tidak kalian tanggapi dengan baik.

  1. Packaging (Kemasan)

Tidak dipungkiri kesan pertama terbentuk dalam waktu 30 detik pertama saat perusahaan ataupun elemen dari perusahaan kalian. Sebuah perbaikan tampilan eksternal atau kemasan dari jasa maupun produk bisa mengubah reaksi konsumen terhadap perusahaan kalian.

Jadi dengan kata lain kemasan ini lebih mengacu pada orang-orang yang terdapat di perusahaan kalian seperti cara karyawan berperilaku, berpakaian dan sebagainya. Tidak hanya itu saja karena bisa mengarah juga pada setiap elemen visual pada perusahaan.