Mari Mengenal Iklan: Jenis & Contohnya

Spread the love

Sebuah usaha akan berjalan lebih maksimal jika menerapkan strategi iklan dalam pemasarannya. Tujuannya tentu saja agar barang, jasa ataupun produk yang kalian tawarkan lebih dikenal masyarakat luas sehingga pemahaman akan produk, barang ataupun jasa semakin meningkat.

Apa Itu Iklan?

Iklan merupakan sebuah bentuk pesan strategi promosi bisnis baik itu produk maupun jasa yang memanfaatkan media tertentu sesuai dengan kebutuhannya. Tujuan dari pembuatan iklan membuat penonton agar mau membeli produk ataupun jasa yang ditawarkan tadi.

Berbagai Macam Jenis Iklan

Iklan terbagi dalam beberapa jenis baik berdasarkan isi, media, tujuan, dan bentuk penyampaiannya. Untuk lebih jelasnya kalian bisa menyimak informasi berikut ini.

Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Berikut ini adalah pembagian iklan berdasarkan pada isi yang terkandung di dalamnya.

  • Iklan Penawaran

Iklan ini memiliki tujuan untuk menawarkan jasa ataupun barang kepada masyarakat agar nantinya tertarik membeli dan menggunakannya. Beberapa produk tersebut semacam tas, sepatu, baju, dan lainnya. Untuk jasa biasanya layanan ojek online, konsultan, dan sebagainya.

  • Iklan Layanan Masyarakat

Iklan ini berasal dari instansi, komunitas, ataupun Lembaga. Tujuan dari iklan tersebut untuk memberikan edukasi terhadap hal-hal tertentu. Sebagai contoh iklan pajak, iklan bahaya narkoba dan lainnya.

Jadi setelah menonton iklan tersebut diharapkan penonton lebih paham mengenai bahaya narkoba bagi kesehatan dan akan berusaha untuk terus menjauhinya.

  • Pengumuman

Jenis iklan ini biasanya berisi himbauan kepada masyarakat yang bersifat mengajak seperti iklan lomba, event dan juga jenis himbauan lainnya.

Sehingga setelah penonton iklan tersebut akan merasa tertarik dengan lomba dan mengetahui informasi detail soal perlombaan seperti waktu penyelenggaraan, syarat dan lain sebagainya.

  • Permintaan

Iklan ini dibuat berdasarkan permintaan pribadi, instansi ataupun Lembaga dengan tujuan ingin informasi yang dimiliki dimuat serta diketahui oleh banyak orang. Untuk contohnya yaitu iklan lowongan pekerjaan.

Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

Informasi selanjutnya yaitu kalian bisa mengetahui jenis iklan dari media yang dipergunakan untuk menginformasikan iklan tersebut.

  • Media Elektronik

Iklan ini disampaikan melalui perantara media elektronik. Sebagai contoh iklan menggunakan radio biasanya fokus terhadap audio, iklan menggunakan televisi akan fokus pada audio dan video.

  • Media Cetak

Iklan jenis ini biasanya akan dibagikan ke masyarakat setelah sebelumnya iklan tersebut dicetak. Iklan dengan menggunakan media cetak yaitu selebaran, koran, brosur, majalah dan lainnya.

Iklan menggunakan media cetak ini biayanya tentu akan jauh lebih murah, namun dalam hal jangkauan penontonnya akan lebih sedikit dibandingkan media elektronik.

Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

Jenis iklan selanjutnya didasarkan pada tujuan dari penayangan iklan tersebut, berikut adalah beberapa jenisnya.

  • Komersial

Iklan yang sengaja dibuat dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan sehingga bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut adalah iklan komersial. Beberapa contohnya yaitu iklan makanan, minuman, barang elektronik terbaru dan lainnya.

  • Non-Komersial

Iklan ini berkebalikan dengan iklan komersial sehingga tidak berfokus pada keuntungan penjualan. Namun iklan ini lebih berfokus kepada pemberian informasi kepada masyarakat mengenai isu tertentu. Contohnya yaitu iklan bagaimana cuci tangan yang benar dengan menggunakan sabun.

Jenis Iklan Berdasarkan Bentuk Penyampaiannya

Jenis iklan selanjutnya merupakan iklan yang didasarkan kepada bentuk penyampaiannya, seperti berikut ini:

  • Iklan Spot

Iklan ini memiliki durasi yang tergolong singkat dan ditayangkan pada media elektronik semacam televisi dan radio. Iklan tersebut merupakan gabungan dari gambar, suara serta musik yang membuat iklan terkesan lebih hidup.

  • Iklan Kolom dan Baris

Iklan ini merupakan sebuah iklan yang biasa dimuat pada media cetak yang berdasarkan pada panjang kalimat serta luas kolom yang dipergunakan. Iklan jenis ini biasanya dibuat dengan cara memadukan beberapa gambar dan kalimat yang relevan.

  • Adlib

Iklan ini cara penyampaiannya dengan cara diucapkan maupun dibaca oleh penyiar radio serta televisi. Salah satu hal yang menjadi kelebihannya yaitu cara penyampaiannya yang dikemas dengan cara berbincang, sehingga banyak audiens yang tidak sadar bahwa hal itu adalah iklan.

  • Advertorial

Iklan ini tergolong lengkap dan detail dalam penyampaiannya bahkan lebih mirip dengan berita. Jadi penjelasan mengenai jasa ataupun produknya akan terlihat lebih jelas dan penonton bisa memahaminya dengan lebih detail.

  • Sponsor

Bentuk penyampaian dari iklan ini yaitu kalian bisa menyewa ataupun membeli space serta slot waktu pada sebuah media. Slot waktu tadi mulai dari 30 menit bahkan lebih tergantung dari kebutuhan

Jadi itulah sedikit informasi bermanfaat mengenai beberapa jenis iklan yang didasarkan pada isi, media, tujuan serta bentuk penyampaiannya. Pada intinya saat kalian membuat sebuah iklan, harus disesuaikan dengan produk serta target pasarnya.

Sebagai contoh jika target kalian kaum milenial maka media yang digunakan untuk menyampaikan iklan tersebut adalah media elektronik semacam media sosial jangan media cetak.

Hal ini karena banyak anak muda yang menggunakan sosial media dibandingkan cetak. Jika kalian salah dalam pemasangan iklan tadi, maka bukan keuntungan yang di dapatkan justru malah sebaliknya.

Hal penting lain yang patut untuk diperhatikan masalah copywriting yang dibuat haruslah bisa menarik minat para penonton jadi jangan lupa untuk mempelajarinya lebih dalam lagi.